Pendahuluan
Latar belakang
Seiring dengan perkembangan zaman dan perkembangan peradaban kehidupan manusia, maka kebutuhan hidup pun makin bertambah. Oleh karena itu manusia berlomba-lomba untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Apalagi di kota-kota besar yang memiliki banyak sekali kegiatan dan mobilitas yang amat sangat tinggi. Selain itu zaman sekarang sudah terlalu banyak makanan atau minuman yang bisa mengancam kehidupan manusia karena dapat merusak kesehatan. Oleh karena itu orang-orang yang bermobilitas tinggi itu sangat perlu untuk menjaga kesehatannya agar tetap dapat beraktivitas seperti biasanya.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan diri, seperti berolah raga teratur setiap pagi, minum minuman kesehatan atau multivitamin, makan-makanan bergizi terutama dengan mengkonsumsi barang-barang organik. Semua hal itu dapat dilakukan untuk membuat tubuh kita tetap menjadi sehat.
Kebutuhan untuk menjaga kesehatan adalah kebutuhan yang dulunya menjadi kebutuhan untuk orang-orang tua yang sudah lanjut usia saja, namun seiring perkembangan zaman kebutuhan akan kesehatan ini juga diminati orang-orang yang berada diusia menegah, jadi dengan kata lain kesehatan sekarang ini amat diperlukan dan diminati bagi setiap kalangan.
Karena tingginya aktivitas orang-orang, sekarang mereka cenderung untuk memilih makan di restoran-restoran dengan alasan tidak punya waktu untuk memasak dan makan di rumah. Sebagian besar penduduk kita cenderung menghabiskan waktunya untuk berada di luar rumah. Oleh karena itu bisnis restoran menjadi bisnis yang amat menggiurkan di kota-kota yang memiliki mobilitas tinggi. Karena hal itulah bisnis restoran menjadi menjamur di segalamacam tempat dan mereka berusaha menjadi restoran yang berbeda dari restoran-restoran lainnya agar menarik dan diminati oleh para pelanggan.
Profil Perusahaan
Organik berdiri sejak tanggal 14 November 2007 di Mall Senayan City, Jakarta Selatan oleh Bapak Suhandi Yusuf. Sebuah restoran yang memiliki konsep “serba organik” diperuntukkan khusus untuk para pengunjung yang sangat menyukai makanan dan minuman yang terbuat dari bahan-bahan organik. Organik di sini bukanlah berarti bahwa kami adalah restoran vegetarian, kami juga masih menggunakan daging tapi daging kami akan berbeda, contohnya daging sapi kami berasal dari sapi yang diberikan makanan sayur-sayuran organik dan daging ayam kami didapat dari ayam yang diberi makan jagung organik saja. Karena berada di salah satu pusat perbelanjaan di tengah kota, lokasi restoran ini sangat mudah dijangkau oleh para penggemar makanan-makanan organik.
Restoran ini memungkinkan pengunjung untuk mendapatkan suasana yang menarik dan pelayanan yang memuaskan. Restoran ini di desain dengan bentuk desain modern minimalis dimana segala bentuk furniture yang ada di restoran ini mayoritas berbentuk kotak atau persegi, dengan dominasi warna hijau dan putih dimana warna hijau tersebut mewakili sayuran organik yang berwarna hijau sedangkan warna putih melambangkan bersih atau hygiene yang merupakan konsep dari sayurna organik itu sendiri yang bebas dari bahan-bahan berbahaya. Kami juga memberikan ornamen-ornamen hiasan di restoran kami dengan ornamen-ornamen yang berwarna perak untuk memberikan kesan elegan dan berteknologi tinggi dikarenakan restoran kami menggunakan sayuran serta buah organik sebagai bahan dasar menu makanan yang ditanam dengan teknologi tinggi. Selain itu kami juga menghiasi restoran kami dengan pot-pot tanaman higroponik yang kami gantung dan kami letakkan di sudut-sudut ruangan dengan tujuan untuk memberikan kesan restoran yang asri walaupun terletak di mall. Kami juga memberikan Hot Spot gratis buat para pengunjung kami.
Konsep restoran seperti di atas masih amatlah jarang ditemukan di Jakarta, jadi kami yakin Organik mampu bertahan dan berkembang lebih baik lagi di tengah maraknya bisnis restoran. Sasaran utama kami adalah para anggota masyarakat yang bermobilitas tinggi dan orang-orang yang sangat perduli dengan kesehatannya dengan cara menjaga makanannya. Untuk menarik loyalitas dari konsumen kami membuat suatu kreasi dengan membuat suatu program yang bernama “plant corner” dimana setiap pengunjung khususnya member tetap restoran kami dapat menanam sebuah tanaman organic yang bisa ia beri nama dengan namanya sendiri yang akan dirawat oleh karyawan kami, jadi saat si pengunjung datang kembali ke restoran kami mereka dapat melihat sejauh apa tanaman yang mereka tanam telah bertumbuh dan jika tanaman itu telah besar maka kami akan memasakan menu special yang terbuat dari tanaman si pengunjung itu gratis, dimana hal ini juga merupakan salah satu perhatian kami akan maraknya isu global warming yang sedang marak.
Terbukti dalam beberapa bulan setelah grand opening, respon masyarakat terhadap Organik sangatlah positif. Restoran yang dibuka dari pukul 10.00 – 22.30 ini sering dipadati tidak hanya oleh orang-orang tua tapi ada juga orang-orang kantoran usia menegah yang datang untuk menikmati makanan dan minuman di restoran kami bersama teman-temannya ataupun rekan bisnisnya.
Analisis SWOT
Strengths:
Organik memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh restoran lain,pertama konsep kami yang menggunakan sayuran, buah, dan daging yang serba organic adalah konsep yang masih cukup jarang. Hal ini akan membuat orang-orang yang mendengarnya akan tertarik untuk mencoba. Kedua, restoran kami juga memberikan variasi menu yang berbeda dari restoran-restoran organik lainnya, bahkan menu organik kami akan lebih enak daripada menu yang bukan non-organik. Ketiga, restoran kami memberikan free internet access bagi para pengunjung tanpa perlu membeli voucher. Keempat, kami juga memiliki tempat beroperasi yang strategis yaitu di Mall Senayan City dimana banyak didatangi oleh pengunjung dan memeiliki tempat parkir yang luas.
Weakness:
Masih ditemukan beberapa kelemahan yang ada di restoran kami. Kapasitas restoran yang hanya mampu menampung sekitar 65 pengunjung membuat kami kesulitan, apalagi saat jam-jam makan siang atau weekend, ramainya jumlah pengunjung membuat beberapa pengunjung yang mau makan merasa kecewa karena tidak kebagian tempat ataupun harus masuk dalam daftar tunggu. Hal ini belum dapat diatasi dikarenakan mahalnya tempat sewa. Selain itu kelemahan kami adalah waktu operasi restoran yang harus mengikuti jam operasi Mall Senayan City, sehingga kami hanya bisa beroperasi hingga jam 10 malam saja.
Opportunities:
Restoran ini sangat memiliki kesempatan yang sangat besar untuk semakin maju dan berkembang. Pihak pendiri sangat yakin karena di tengah jaman yang semakin modern ini, orang-orang semakin sadar tentang gaya hidup yang serba sehat.
Threats:
Analisis Marketing Mix
Product:
Organik restoran menawarkan produk berupa makanan-makanan dan minuman-minuman organik. Makanan yang ditawarkan bukan berarti makanan vegetarian walaupun serba organik, kami juga menyediakan daging yang berasal dari peternakan kami sendiri. Dimana pakan yang kami berikan untuk mereka berasal dari tanaman yang kami tanam secara higroponik. Jadi pakan mereka terus kami jaga dan perhatikan.
Selain makanan berat dan minuman, kami juga menyediakan makanan-makanan seperti tart cake yang terbuat dari bahan organik, seperti dari gandum organik, jagung organik, dan untuk gulanya pun kami membuat dari tebu yang kami tanam secara organik dan kami kami olah dengan teknologi tinggi.
Makanan dan minuman yang kami tawarkan amatlah terjangkau. Untuk makanan yang disediakan oleh restoran kami berkisar Rp 30.000,00 – Rp 65.000,00. Sedangkan untuk range harga minuman kami dimulai dari Rp 13.000,00 – Rp 23.000,00. Selain makanan dan minuman kami juga menyediakan tart cake dengan harga kisaran dari Rp 130.000,00 – Rp 220.000,00.
Place:
Organik restoran berlokasi di Mall Senayan City lt.2, Jakarta Selatan di mana merupaka suatu mall terbesar di Jakarta yang memiliki area parkir yang luas dan lokasi yang mudah dijangkau dan strategis.Promotion:
Target Market
“Organik”
Age : 28 – 60 years old
Gender : male and female
SES : middle up class
Lifestyle : modern, health concern, high mobility
Occupation : business man and woman
Location : South Jakarta and other
LOGO
Penjelasan LOGO
Warna:
Warna gradasi hitam bercampur putih yang merupakan warna dari background tersebut dipilih dengan tujuan untuk mewakili teknologi canggih yang kita gunakan untuk menanam bahan-bahan organik dan juga untuk mewakili kesan modern yang juga ada dalam konsep restoran kami. Sedangkan warna hijau dan kuning melambangkan warna alami dari sayuran organik. Warna yang eye catching ini juga bertujuan agar dengan mudah dibaca orang.
Bentuk:
Bentuk bulatan dan persegi yang digunakan sebagai background melambangkan modern minimalis seperti konsep yang terbentuk dalam desain restoran kami. Di logo tersebut juga terdapat bentuk sejenis daun gandum yang digunakan sebagai lambing orgnaik. Bentuk dasar tulisan “ORGANIK” dibuat seperti daun yang habis digigit oleh ulat, hal ini menjelaskan bahwa bahan organik yang baik adalah tanpa pestisida oleh karena itu masih ada ulat daun yang bisa memakannya, artinya kalau ulat saja bisa makan berarti aman di konsumsi oleh manusia.
Tipografi:
Media Promotion
Brosur
Kartu Nama
Amplop
Kop Surat
0 komentar:
Posting Komentar