Ini adalah project mengenai pembuatan majalah yang telah saya buat. Ini adalah bagian pertama project majalah saya, mengenai sebuah majalah gitar.
Background
Seiring berkembangnya pengetahuan dan berkembangnya kehidupan manusia, kebutuhan hidup manusia pun kian bertambah. Kebutuhan manusia tidak hanya bicara sekedar pakaian, makanan, minuman, ataupun teknologi. Musik, merupakan faktor lain yang menjadi salah satu perbincangan favorit di kota-kota besar. Untuk memenuhi hal tersebut maka dibutuhkanlah informasi yang cukup.
Informasi menjadi salah satu kebutuhan yang penting di kota besar sekarang ini. Orang berusaha meng-update seluruh informasinya agar tidak tertinggal, informasi tersebut mera dapatkan dari berbagai macam sumber, seperti majalah, televisi, radio, maupun internet.
Karena dua alasan tersebut PT Melody Suara menerbitkan sebuah majalah yang bertemakan music dan gitar dengan judul STRING. STRING akan menjadi salah satu media yang dapat memenuhi kebutuhan manusia akan music.
Mengapa majalah?
Majalah merupakan sebuah media yang cukup disenangi oleh masyarakat Indonesia. Majalah merupakan media yang begitu ringkas dan praktis buat orang-orang kebanyakan. Majalah mudah untuk dibawa kemana-mana walau saat berpergian sekalipun. Majalah juga mempunyai keuntungan dibanding media-media lainnya. Media berupa majalah memiliki waktu hidup yang panjang, karena bisa dipakai terus menerus untuk menjadi teman menunggu, misalnya saat berada di salon.
Mengapa STRING?
Di tengah kesibukan orang-orang pada saat ini, music tetap menjadi suatu topic yang tetap diikuti oleh semua orang. Musik tidak mengenal usia, status, suku, agama atau perbedaan apapun. Musik sudah menjadi bagian dari hidup manusia.
Oleh karena itu PT Melody Suara menerbitkan majalah STRING ini, sebuah majalah yang membahas tentang gitar dan informasi mengenai musik-musik tanah air maupun luar negeri.
Tentang penerbit
PT Melody Suara adalah perusahaan penerbit yang berdiri pada November 2007. Perusahaan ini menerbitkan majalah STRING pada awal 2009 dan juga beberapa buku mengenai musik dan kesenian. Pendirinya adalah Eka Venansius. Beliau memiliki background di bidang kesenian terutama musik dan juga pernah beberapa kali menerbitkan buku. Oleh karena background tersebut beliau mendirikian perusahaan ini yang bergerak di bidang penerbitan buku dan majalah mengenai musik dan kesenian. Selain mengurus perusahaan ini, beliau juga menjadi salah satu dosen di sebuah universitas negeri terkemuka di Jakarta.
Concept Analysis
Nama majalah: STRING
Tema sentral: Informasi musik dan gitar
Penerbit: PT Melody Suara
Waktu publikasi: Setiap bulan
Harga: Rp 15.000,00 – Rp 17.500,00
Distribusi: Jakarta, Tanggerang, Bandung, Yogyakarta, dan Denpasar
Analisis 5W 1H
1. WHAT
What is STRING?
STRING adalah suatu majalah yang bertemakan mengenai musik dan gitar. Majalah ini diterbitkan oleh PT Melody Suara untuk menyampaikan segala macam informasi mengenai musik dan gitar. Informasi tersebut mulai dari chord-chord gitar, teori-teori tentang gitar, informasi lagu-lagu terbaru, informasi band-band luar dan dalam negeri dan sebagainya.
STRING menyajikan informasi ke dalam rubrik tetap. Rubrik tetap dalam STRING:
a) DAFTAR ISI: Berisi sapaan dari redaksi dan mengenai tema-tema dalam edisi majalah kali ini.
b) EKSKLUSIF: Pembahasan mengenai apa yang menjadi headlin epada edisi majalah kali ini.
c) BINCANG: Wawancara dengan narasumber (artis atau musisi )
d) Chart 10 STRING: Menganai 10 tangga lagu terkini untuk lagu-lagu dalam maupun luar negeri.
e) LESSON: Berisi mengenai skill-skill gitar yang akan diajarkan oleh gitaris-gitaris ternama
f) CHORD: Kunci-kunci dan lirik gitar dari lagu yang sedang menjadi Top Hits
g) INFO GITARIS: Informasi-informasi dari gitaris tanah air dan luar negeri
h) SEPUTAR MUSIK KITA: Membahas musisi-musisi atau seniman musik tanah air
i) SEPUTAR MUSIK MEREKA: Membahas musisi-musisi atau seniman musik luar negeri
j) ALBUM BARU: membahas mengenai labum album baru yang sudah diluncurkan ataupun yang akan diluncurkan
k) Intrument: Membahas alat musik terbaru maupun aksesoris-aksesoris dalam bermusik
What makes different STRING with other similar magazine?
Salah satu strategi agar pembaca memilih STRING dibanding majalah musik lainnya adalah dengan mengemas STRING menjadi sebuah majalah musik yang lebih berbobot dari majalah musik lainnya. Majalah musik lainnya hanya membahas mengenai informasi musik saja, atau mengenai chord-chord gitar saja. Sedangkan STRING berusaha memadukan gabungan dari informasi musik dari luar dan dalam negeri, chord-chord gitar dan juga pembelajaran mengenai skill-skill bermain gitar, sehingga memudahkan pembaca. Jadi pembaca tidak perlu membeli 3 majalah berbeda, karena kami bisa menggabungkan 3 isi majalah menjadi dalam 1 majalah.
2. WHO
Who is the target market?
Berikut ini adalah profil dari target market STRING:
Sex : Male or Female
Age : 15-30
SES : C
Occupation : Student, university student, and employee
Lokasi : Pulau Jawa dan Bali
Interest : Musik
Lifestyle : Suka membaca, memiliki hobby bermain musik dan tertarik dengan
perkembangan musik luar dan dalam negeri
Who are the editorial team?
Pemimpin Umum : C. Intan Pratiwi, S.S
Pemimpin Perusahaan : Eka Venansius, S.Sn
Penanggung Jawab Redaksi : SA Pralim Mudya
Sekretaris Redaksi : Yuki Fitria
Desain Grafis : Andris Yansyah, Sisilia
Sirkulasi : Eko SUtanto
TU : Andri Ruslan, Adhi PJ
3. WHEN
When it published?
Edisi pertama STRING terbit pada bulan Januari 2008. STRING terbit setiap 1 bulan sekali, dengan mengusung tema-tema yang berbeda. Proses penyelesaian dan penyusunan majalah dilakukan sejak tahun 2007. Setahun telah menjadi waktu yang cukup untuk mematangkan konsep majalah juga menentukan agenda media, sehingga majalah ini dapat memenuhi keinginan pembacanya.
4. WHERE
Where is the office?
Kantor redaksi STRING terletak di Jl. Tihtihan V HF 12 No.20 Komp. Taman Permata Bintaro, Bintaro Jaya Sektor IX, Tanggerang.
Where is it distributed?
STRING didistribusikan ke beberapa kota besar di Pulau Jawa dan Bali, yaitu Jakarta, Tanggerang, Bandung, Yogyakarta, dan Denpasar.
5. WHY
Why the central idea is music?
Musik telah menjadi bagian dari hidup manusia baik pria maupun wanita, tua maupun muda, dan orang dari kelas ekonomi apapun. Memang banyak juga majalah yang mengangkat tema musik, namun mereka hanya membahas musik dengan sekedarnya saja, sedangkan majalah STRING mencoba menggabungkan semua yang tidak dimiliki oleh majalah lainnya.
Why those cities as distribution sites?
Kota-kota tersebut diaggap kota-kota yang sudah maju dan merupakan lokasi utama yang menjadi tempat arget market kami. Di kota-kota ini, kehidupannya ebih modern dan penduduknya memiliki standar hidup yang lebih baik.
6. HOW
How much the price?
Majalah STRING dapat dibeli dengan harga Rp 15.000,00 untuk Pulau Jawa dan RP 17.500,00 untuk luar pulau Jawa. Harga sudah kami sesuaikan dengan perhitungan budgeting kami dan disesuaikan dengan kepampuan target market kami.
Analisis SWOT
STRENGTHS
Kekuatan majalah ini terletak pada:
· Konsep majalah yang jelas, informasi yang lengkap dan terfokus pada kuliner. Sehingga pembaca dapat mempercayakan STRING sebagai sumber informasi.
· Bahasa yang ringan dan mudah dimengerti
· Desain gambar yang menarik
· Tim redaksi yang berpengalaman
· Harga terjangkau
WEAKNESSES
Kelemahan majalah ini terletak pada:
· Masih terbilang majalah baru, sehingga belum mempunyai loyal costumer
· Produksi dan distribusi yang terbatas yang hanya berada di kota-kota besar saja
· Sangat segmented, memerlukan orang yang benar-benar menyukai musik
· Tidak memiliki kantor cabang di daerah, sehingga menambah biaya distribusi.
OPPORTUNITIES
Kesempatan yang dimiliki oleh majalah ini:
· Banyak orang yang menyukai musik dan gitar
· Musik tidak pernah mati dan selalu baru, sehingga banyak topic yang bisa dibawa
THREATS
Ancaman terhadap majalah STRING:
· Pesaing dari majalah lain
· Perlunya mengedukasi masyarakat, karena pendapat biasanya majalah musik hanya majalah ecek-ecek atau majalah yang asal bikin saja.
STRATEGY & SOLUTION
Sebagai sebuah majalah yang masih terbilang baru, dan berada di tengah persaingan yang ketat, STRING memerlukan strategi yang bisa membuat majalah ini bertahan dan mendapatkan loyal customernya.
Berdasarkan masalah yang dihadapi majalah kami, marketing department kami berusaha membuat strategi yang tepat, antara lain:
1. Memperkenalkan STRING untuk menciptakan awareness pembaca, dengan cara memasang iklan di televisi, radio, poster dan juga dengan cara mensponsori acara musik.
2. Memperluas distribusi kami agar bisa memperluas pasar kami.
3. Mengurangi biaya distribusi dengan cara membuat kantor cabang di daerah.
4. Mengedukasi masyarakat mengenai majalah kami dengan cara membuat poster yang berisi advantages dari majalah ini.
DISTRIBUTION
Distribusi majalah ini dilakukan dengan cara:
1. Distribusi langsung ke toko buku besar seperti TGA Bookstore, Gramedia, Kinokuniya, dan juga toko-toko buku lainnya di daerah Jakarta, Tanggerang, dan Bandung.
2. Distribusi kepada agen resmi, yang kemudian akan menyalurkan majalah kami ke toko-toko buku kecil dan eceran.
3. Distribusi ke tempat-tempat yang menjual alat-alat musik dan juga studio-studio musik.
Promosi yang dilakukan:
1. Iklan di televisi
2. Iklan di media cetak
3. Memasang poster
4. Iklan di radio
5. Mensponsori kegiatan yang berhubungan dengan musik, seperti konser band, pensi anak sekolah, dan pameran kesenian
TECHNICAL CONCEPT
BRAND DESIGN
Pemilihan nama
String adalah bahasa Inggris yang artinya benang yang dibuat dari fiber yang digunakan sebagai senar untuk alat musk gitar. Oleh karena itu kata String merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan majalah ini sebagai majalah gitar dan juga masalah musik. Karena gitar merupakan padupadan dengan musik.
Pemilihan warna:
Warna coklat muda pada tulisan dan warna coklat tua pada stroke yang digunakan mewakili warna gitar. Yang juga mewakili majalah ini karena juga membawa tema gitar.
Pemilihan background tulisan:
Bacground yang terdapat pada belakang tulisan String merupakan fret-fret dari sebuah gitar. Hal ini akan makin menekankan bahwa majalah kami ini mengenai musik dan gitar.
0 komentar:
Posting Komentar