Definisi Leadership

Source : http://www.baldrigeindo.com/Kualitas_kepemimpinan.pdf

http://www.desentralisasi-kesehatan.net/id/moduldm/en/tt_1/bacaan/Leadership_pd_Saat_Bencana.pdf

LEADERSHIP

Leadership adalah kemampuan seorang pemimpin untuk mengenali waktu dan kebutuhan untuk melakukan perubahan, mengidentifikasikan arah perubahan, mengkomunikasikan strategi perubahan kepada orang-orang yang di dalam organisasi terutama yang mendukung terjadinya perubahan dan meberdayakan mereka untuk melakukan perubahan dan memfasilitasi upaya pencapaian tujuan perubahan.

Jadi dapat dilihat bahwa seorang pemimpin membutuhkan orang-orang yang bisa mendukung tindakannya, orang-orang tersebut dapat disebut sabagai followers atau pengikut. Untuk mendapatkan followers tidaklah mudah,untuk itu kita harus menjadi seorang pemimpin yang efektif atau sering disebut sebagai effective leadership.

Effective leadership adalah kemampuan yang dimiliki seorang pemimpin untk mambangun visi yang memberi nilai tambah bagi lingkungan serta keberhasilan untuk menggalang pengikut. Jadi pemimpin yg efektif adalah seorang pemimpin yang mampu menciptakan dan menjalankan visi nya melalui mobilitas pengikutnya.

Ada 3 elemen dalam mencapai effective leadership:

- Mempunyai pengalaman sukses

Orang tidak suka mengikuti “pecundang” walaupun orang tersebut memiliki kemampuan, namun memiliki pengalaman sukses juga tidak akan menjamin jadi pemimpin yang efektif, tapi hal itu bisa menjadi persyaratan untuk dipertimbakngkan untuk menjadi pemimpin. Jadi jika belum memiliki pengalaman sukses harus didapatkan dahulu, hal ini bisa dimulai dari kemenangan-kemenangan kecil kemudian mulailah berpindah ke hal-hal yang lebih menantang.

- Memiliki visi

Pemimpin yang efektif haruslah memiliki visi. Visi yang baik haruslah didapat dari data dan informasi. Orang tersebut harus bisa mengolah data dan informasi yang didapat menjadi sebuah visi. Pemimpin yang efektif juga harus bisa melihat hal-hal yang lebih jauh dari data dan informasi yang didapat (obvious). Hal-hal ini akan membuat orang terinspirasi untuk mengikuti.

- Menghargai orang lain

Pemimpin yang efektif menyadari bahwa mereka sendiri hanya dapat mengerjakan sebagian kecil pekerjaan-pekerjaan penting dalam organisasi yang mereka pimpin. Mereka harus mampu membuat orang menerima visinya dan merealisasikannya. Untuk mencapai itu haruslah menghargai orang lain. Hal ini bisa diperoleh dengan hal-hal kecil, seperti berkeliling kantor dan berbincang tentang hal yang sedang mereka kerjakan atau melakukan diskusi kecil. Yang paling penting dari semua itu adalah dimana orang meyakini bahwa pemimpin mereka mengerti dan menghargai apa yang sedang mereka kerjakan, mereka akan menembus rintangan apapun untuk pemimpin tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Siapa calon juara Liga Champion Eropa tahun ini?

Mengenai Saya

Foto saya
Saya seorang mahasiswa jurusan komunikasi. Lebih spesifiknya jurusan Marketing Communication di STIKOM The London School of Public Relation-Jakarta. Blog saya ini akan saya isi dengan CV, project-project dan juga tugas yang pernah saya lakukan baik secara individu maupun team di LSPR.